Senin, 13 Januari 2014

Satu Tahun Karui Fansubs

Doumo mina-san, maaf mengganggu malam mina-san.

Izarae cuman mau berbagi memori lama, dan ngingetin aja, kalo hari ini, 13 Januari, tepat satu tahun Karui Fansubs berdiri, yeay!! Satu tahu bukan waktu yang sebentar lho, ada banyak susah senang yang Izarae pernah lewatin, masalah project, teknis blog dan tentu beberapa masalah dengan kepuasan para leecher.

Izarae sendiri pertama kali terjun di dunia fansubs, di akhir tahun 2012, lebih tepatnya di bulan November, waktu itu, salah satu fansubs (Animechitanda (r)) sedang open recruitment, dan dari tulisan pembuka yang saya baca, posisi typesetter adalah posisi yang sangat dibutuhkan kehadirannya, jadi saya coba-coba deh untuk regist ke sana, untungnya Chitanda-san sudih training saya, jadi dimulailah pelajaran pertama saya sebagai seorang subber, dengan posisi typesetter.

Setelah 2 minggu di training, saya jadi sedikit jenuh untuk ngelanjutinnya, dan memutuskan untuk berhenti sejenak, sekadar istirahat, jadi typestter itu tidak tanggung-tanggung, cuman para manusia-manusia masokis yang sanggup menjalani dan mengisisi posisi itu, dan saat itu, saya belum pantas untuk duduk di posisi itu.

Akhir 2012, saat liburan sekolah, saya mendirikan sebuah fansubs sekaligus fanshare, Anime Database Fansubs, dari sana, saya mulai banyak belajar (otodidak) tentang dunia fansubs, lebih luas dari sebelumnya, berhubung fansubs saya waktu itu juga sebuah fanshare, jadi punya lumayan jaringan fansubs Indonesia lain.

Di saat yang bersamaan, saya juga mulai memberanikan diri untuk mendaftar di salah satu fansubs Indonesia, Souki Hasshou, tempat saya mendownload anime pertama setelah tidak nonton anime sejak kecil, Sankarea. Dengan posisi yang sama (typesetter), ada respon, disuruh add fb pengajar yang bakal ngajarin saya jadi seorang typestter, tapi tidak pernah ada konfirmasi dari dia, sampai sekarang OTL

Setelah bertemu dengan pak Hyou dari Tartaruga subs, dan dapat ajakan dari dia, untuk merge fansubs, saya jadi lebih mendalami dunia fansubs, bersama pak Yogzgm, kami bertiga malam itu sepakat untuk menamai nama Fansubs kami dengan nama Otachi, kependekan dari Otaku-Tomodachi. Hyou juga yang ngajarin saya encode dan macam-macam lainnya, dia itu, seperti sensei saya, guehehehe

Beberapa hari berselang, di bulan Januari, tanggal 13, saya iseng-iseng membuat fansubs sendiri dengan nama samaran, yang di dalamnya hanya ada satu staf, yah, memang cuma iseng saja, jadi setelah merilis satu anime, (kayaknya Naruto), web itu gak pernah saya update lagi.

Sampai di bulan Maret atau April, saya mengundurkan diri dari Otachi, karena merasa sudah tidak cocok untuk bekerja sama, bukan salah staf Otachi, sayanya aja yang memang gak cocok untuk kerja sama dengan orang lain, entahlah, tapi saya lebih nyaman kalo kerja sendiri, dan malam itu, saya resmi keluar dari sana.

Setelah itu, saya mulai bergentayangan, dari satu fansubs ke fansubs lain, bukan sebagai staf, cuman sebagai chatter di chatango mereka, kenal dengan kak Fira, pak Dimas Nabil, pak ArdyBego, Phenk (Admin Yasumisubs) dan banyak lagi.

Beberapa lama berselang, saya jadi rindu dengan pekerjaan ngesubs, dan memutuskan untuk membangun kembali web 13 Januari itu dulu, dan menamakannya Izaraesubs, yang kemudian berganti nama menjadi Karui Fansubs.

Di bawah nama Karui, ada banyak suka duka yang saya alami, pernah satu waktu banyak yang ngunjungi tempat ini, kadang sepi, percaya atau enggak, Karui juga pernah menduduki peringkat 10 Fansubs Indonesia terpopuler via Fansubs Update :) 

Walaupun masih banyak anime yang delay dan gak jelas statusnya, Karui tetep bisa bertahan sampai sekarang, hal ini tidak lain karena support teman-teman yang secara tidak langsung nyemangatin mimin, walaupun jarang ada yang komen, tapi mimin tetap semangat merilis anime-anime bertakarir Indonesia (sedikit honorifik) :3

Harapannya kedepan, Karui gak delay lagi dan semakin populer, guehehehe

Sekali lagi selamat ulang tahun Karui Fansubs yang ke-1 tahun!!

Otanjoubi omedetou :3


1 tahun Karui Fansubs
13 Januari 2013 - 13 Januari 2014


Satu Tahun Karui Fansubs Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Izarae

1 komentar: